Efek Fisiologik Air pada Tubuh

Farzany
By -
0

Hidroterapi berdasarkan efek Fisiologik saat berendam di dalam air dan khasiatnya pada tubuh :

1. Pada syaraf :

Berendam dalam air sangat baik untuk menghilangkan stress. Jika suhu air kolam rendaman lebih rendah dari suhu badan membawa rangsangan pada tubuh dan jika berendam lebih lama dari 2 menit akan menimbulkan relaksasi. Oleh karena itu penggunaan kolam air sangat baik untuk menanggulangi gangguan depresi. Dan tubuh menjadi bugar.

2. Pada Pernafasan :

Tekanan Hidrostatik air di dinding rongga dada memberi respon mekanisme pernafasan dan bekerjanya paru-paru. Terjadi pengurangan volume udara yang dapar dihembuskan keluar setelah penghirupan udara dalam-dalam, hal ini ber efek peningkatan kapasitas penghirupan udara sehingga paru-paru akan menerima oksigen lebih banyak.
Sangat baik untuk menanggulangi bengek dan penyakit paru-paru lainnya. Dan tubuh sehat kembali.

3. Pada Jantung :

Saat berendam didalam air maka tekanan hidrostatik air terhadap tubuh mendorong aliran darah dari lengan dan kaki menuju rongga dada dan dalam beberapa menit saja darah berakumulasi di pembuluh besar darah jantung. Efek ini lebih cepat dengan mempergunakan air dingin dan sirkulasi darah pada kulit berkurang, sebaliknya air hangat mendorong pembesaran pembuluh darah pada kulit dan meningkatkan denyut jantung. Dan setelah perawatan tubuh menjadi rileks.

4. Pada Ginjal :

Dengan tekanan Hidrostatik air pada permukaan tubuh akan mendorong aliran darah dari bawah tubuh menuju rongga dada dan jantung. Beberapa penelitian mengatakan terjadi pergeseran ruangan antara jaringan, sehingga meningkatkan volume plasma. Hal ini merangsang kerja ginjal untuk memproduksi air seni lebih banyak berarti pembuangan zat sampah dan racun tubuh. Dan tubuh menjadi segar bersih terawat.

5. Pada Jaringan Lunak :

Dengan berendam pada air bersuhu hangat mempunyai efek mengendurkan otot yang tegang sekaligus memiliki efek analgestik. Tubuh yang lelah dan penat akan menjadi segar kembali. Air hangat meningkatkan sirkulasi darah. Dan setelah perawatan tubuh menjadi rileks.

6. Pada Edokrin :

Peningkatan dan pelepasan temporer Hormon pertumbuhan tubuh saat kita berendam dalam air panas atau air dingin. Dan hal ini menimbulkan rasa euphoria atau kegembiraan. Dan setelah perawatan perasaan menjadi positif.

7. Pada Kekebalan :

Kekebalan tubuh meningkat dengan berendam di air panas maupun air dingin. Dan pengaruh pada air dingin lebih besar tingkat kekebalan tubuh dapat tercapai. Hal ini disebabkan terjadinya peningkatan T-sel atau sel darah putih dalam getah bening. Selain itu air dingin memiliki anti peradangan pada kulit. Dan setelah perawatan kekebalan tubuh meningkat.



Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!