Gaya hidup sehat

Farzany
By -
0
Mensyukuri lebih banyak nilai kehidupan adalah hidup sehat dan terhindar dari suatu penyakit, dengan hidup sehat segala aktivitas ibadah dan fungsi kerja yang bersemangat akan lebih baik.
Tubuh yang sehat akan mendukung anda dalam jasmani dan rohani sampai usia tua.
Gaya hidup sehat sangatlah penting? Ini bukan hanya menhindari dari suatu penyakit tetapi menikmati nilai kehidupan dengan cara memuaskan dan membuat anda tentram.
Nah, gaya hidup sehat adalah apa yang membuat anda disana, atau setidaknya menjaga dan memperbaiki kondisi anda.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan :
1. Pola hidup
2. Makanan sehat
3. Mengurangi stress

1. Pola Hidup;
Merubah mindset pola hidup adalah hal pertama yang harus diperbaiki untuk mencapai dan mempertahankan kesehatan. Jika ada sebagian orang yang mengutamakan bekerja demi kebahagiaan, boleh dikatakan itu semu. Harus ada keseimbangan untuk memiliki dan menikmati hidup sehat.

Gaya hidup sehat
Add caption
Biasakan diri anda untuk senantiasa disiplin dalam semua aspek. Dimulai dengan tidak menyepelekan tidur di malam hari alias beristirahat. Dengan beristirahat secara cukup, maka resiko anda terkena stress akan lebih sedikit. Selain itu, tidur malam yang cukup juga menambah daya ingat, serta mempertajam pikiran kita agar selalu focus selama beraktivitas di siang hari.
Saat bekerja pun demikian. Kita tetap harus menjaga keseimbangan bekerja. Jangan menunda pekerjaan sehingga membuat anda terjebak dalam lautan pekerjaan, sehingga mengharuskan anda bekerja lembur.
Jika anda terbiasa on time, maka waktu pun akan terbagi dengan baik, mulai dari bekerja, serta hubungan kita dengan orang terdekat pun akan terbina dengan baik.
Selain itu, kebiasaan di rumah juga harus memiliki gaya hidup sehat. Misalnya di pagi hari, bukalah semua jendela di rumah, sehingga terjadi sirkulasi pergantian udara dan cahaya matahari  mampu menerobos ke dalam rumah. Cahaya matahari diyakini dapat membunuh bakteri tak kasat mata.
Selain itu, udara segar di pagi hari juga membantu anda meningkatkan gairah dan mood.
Kemudian aktivitas fisik sangat penting untuk hidup sehat. Tubuh itu difungsikan untuk bergerak, dan ketika tidak berfungsi dengan baik, dapat menjadi sakit. Aktivitas fisik merangsang perawatan alami tubuh dan sistem perbaikan yang menjaga itu terjadi. Ini meningkatkan sirkulasi ke jantung dan paru-paru kita. Memberi kita kekuatan untuk mencegah cedera, meningkatkan mobilitas pada otot serta sendi kita. Aktivitas fisik juga melepaskan endorfin.
Latihan yaitu berupa jalan cepat, bersepeda, menari, berenang, mendayung, latihan elips , jogging dan Yoga, juga latihan olahraga yang baik. .
- Makanan Sehat
Yang satu ini juga sering dilupakan oleh mereka yang diperbudak oleh pekerjaan. Makan tiga kali sehari memang dianjurkan, namun menunya pun harus diperhatikan agar kesehatan senantiasa terjaga. Dengan mengkonsumsi gizi yang cukup untuk kebutuhan tubuh anda, maka anda akan terhindar dari penyakit.
Kurangi mengolah makanan dengan cara digoreng. Minyak sebenarnya menambah resiko anda terkena kolesterol tinggi, yang berdampak buruk bagi jantung. Perbanyak lah makan buah-buahan segar dan sayuran hijau, guna menjaga keseimbangan gizi, serta menjauhi anda dari penyakit kronis di masa tua.
Pernahkah mendengar kata kata “kamu adalah apa yang kamu makan”? atau Yah, itu benar. Apa yang kalian makan secara langsung mempengaruhi bagaimana kalian merasakannya secara fisik, suasana hati, kejernihan mental, kerja internal, dan bahkan kulit.
Nah, Makan sehat bukan berarti makan makanan mahal. Tapi dengan gizi yang berimbang.
- Mengurangi Stress
Jika diartikan, rekreasi adalah penciptaan kembali. Dalam hal ini, kondisi mental dan fisik yang menjadi focus ‘pembinaan’. Tak mesti anda pergi ke mall dan menghabiskan uang untuk sekedar menyenangkan diri. Banyak hal kecil yang bisa dilakukan untuk menyegarkan diri anda.
Anda bisa merancang sebuah weekend menyenangkan dengan orang terdekat anda. Carilah spot menarik di dekat anda, dan buatlah sebuah piknik menyenangkan, sehingga pikiran akan kembali segar setelah satu minggu berkutat dengan berbagai meeting, dan tumpukkan pekerjaan.
Olah raga juga merupakan salah satu cara ampuh untuk berekreasi. Jogging mengelilingi taman sambil mendengarkan music, pastinya tak hanya membuat tubuh sehat, tetapi juga merangsang pikiran tetap aktif.
Kita harus menyingkirkan semua stres. Stres terjadi ketika hidup menjadi tidak seimbang secara fisik, mental atau emosional. Ketidakseimbangan ini dapat disebabkan oleh tegangan internal seperti khawatir/pikiran terlalu banyak, stress lingkungan seperti tekanan dari pekerjaan, keluarga atau teman.
Menjadi stress memiliki potensi untuk mempengaruhi kesehatan. Kita bisa menjadi lelah, sakit, tegang, mudah marah, dan tidak bisa berpikir sempurna.
Nah, Jika Anda ingin menjalani gaya hidup sehat, Anda akan perlu untuk menjaga stress dalam hidup . Ini berarti mengambil alih pikiran, emosi, tugas, dan lingkungan untuk mendapatkan tubuh Anda kembali seimbang.
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!