Efek Mekanisme Air pada Tubuh

Farzany
By -
0

Sifat umum air dapat memberi efek pada  tubuh berdasarkan Hidroterapi misalnya :

1. DAYA MASSAGE

Air memberi daya massage yang konsisten terhadap tubuh maupun bagian-bagian tubuh dengan daya yang tetap. Dengan ketentuan deras air, dalam mengubah arahnya maupun membuat aliran melingkar atau berputar, hal ini dapat mencapai efek tertentu sesuai dengan yang dikehendaki.

2. TEKANAN HDROSTATIK

Air memberi tekanan yang sama dari semua sisi pada kedalaman yang sama sesuai hukum Pascal, tekanan menjadi besar jika tingkat kedalamannya ditambah atau jika jenis cairan itu ditambah.
Sifat tekanan air ini dalam Hidroterapi misalnya untuk.mengurangi pembengkakan anggota tubuh bagian bawah. Bagian tubuh tersebutbharus terendam sedalam mungkin. Selama terendam cairan dalam tubuh yang bengkak terdorong kebagian dada dan keadaan ini merangsang kerja ginjal dan menimbulkan efek diuritik. Efek diuritik adalah mengurangi pembengkakan. Berdasarkan study para ahlinya, berendam satu jam dalam air dapat meningkatkan pengeluaran air 50%. Dan bermanfaat mengeluarkan racun tubuh.

3. ALIRAN AIR

Menurut ahlinya terdapat dua tipe air, yaitu tipe laminar dan tipe turbulensi. Aliran tipe laminar menghasilkab pola rata yang sama, cepat, berubah-ubah dan mengandung pusaran dan arus balik.
Para Terapis harus mengetahu hal ini agar dalam merawat pelanggannya didalam kolam tidak menimbulkan aliran turbulensi.
Didalam kolam air gerakan terkuat air berada ditengah dan yang terkecil atau tidak ada gerakan sama sekali berada di sisi atau tepi kolam.
Saat tubuh didalam kolam bergerak maju tekanan air meningkat dibagian depan tubuh, hal ini disebut "biw wave effect" atau "efek busur pada air" dimana energi dari pusaran air menyebar keluar dan semakin cepat gerakan semakin rendah tekanan, perubahan tekanan ini disebut "drag effect" atau "efek tarik".

4. KESEIMBANGAN AIR

Tubuh akan mengalami dua pengaruh gaya didalam air yaitu gaya tekanan yang berlawanan, disebut gravity dan buoyancy.
Gravity arahnya kebawah sedangkan buoyancy arahnya keatas.
Jika kedua gaya ini mencapai keseimbangan maka tubuh akan diam dan jika dua gaya tersebut berbeda dan tidak sepenuhnya berada pada posisi yang berlawanan maka akan menimbulkan gaya memutar. Gaya putar ini akan terus berlangsung hingga tercapai dua gaya tarik menjadi sama besar dan tepat berada didalam.arah yang berlawanan.
Pembebasan dari pengaruh gravitasi bumi ketika seseorang yang cidera otot atau yang sukar menggerakkan anggota badan didarat saat berada didalam air akan lebih mudah menggerakkan otot-ototnya. Hal ini dipergunakan dalam terapi latihan menggerakkan anggota tubuh yang dalam proses penyembuhan cidera.

5. DAYA THERMAL

Air mampu memanfaatkan reaksi tubuh terhadap rangsangan panas dan dingin. Ujung-ujung syaraf perasa dikulit merespon dan menghantar sinyal-sinyal yang diterima organ tubuh dalam.
Sinyal ini memberi rangsangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi stress hormon, merangsang perbaikan sirkulasi darah dan getah bening, memperbaiki sistem pencernaan, mengurangi kepekaan rasa sakit.

Air hangat memperbesar pembuluh kapiler, sehingga mempermudah pembagian nutrisi dan oksigen ke semua organ dan jaringan tubuh.
Sebaliknya air dingin memperkecil pembuluh darah kapiler sehingga mempercepat stimulasi sistem syaraf dan mengurangi pembengkakan. Air dingin juga berfungsi mengurangi rasa sakit.


Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!