Perawatan Rambut Rontok

Farzany
By -
0
PENYEBAB KERONTOKAN

Perawatan Rambut RontokRambut adalah mahkota wanita, dan untuk menjaganya dari kerontokan  membutuhkan perawatan dan perhatian kita. Banyak faktor penyebab kerontokan yang terjadi pada rambut yang menyebabkan kita menjadi kurang percaya diri dan merasa was-was saat menyisir rambut ternyata banyak rambut yang menumpuk di sela sisir atau saat bangun tidur rambut rontok berserakan diatas bantal anda. Atau saat keramas begitu banyak rambut yang terbawa oleh tangan kita.

Banyak penyebab kerontokan seperti pada faktor usia, keturunan, faktor asupan gizi atau kalori yang rendah berlebihan, demam tinggi, kurang istirahat, banyak begadang, merokok, obat-obatan tertentu yang mengakibatkan kerontokan, produk kosmetika rambut yang tidak cocok, pengecatan rambut atau pengeritingan, faktor stress dan berbagai penyebab lainnya. Kerontokan pada rambut memang menjadi masalah umum yang terjadi pada bagian luar kepala, selain masalah ketombe. Rambut rontok, memiliki tekstur lemah dengan daya kesehatan minim. Hal ini dapat diukur dari seberapa banyak kerontokan yang terjadi pada saat Anda menyisir.

Kerontokan sekitar beberapa helai, masih dalam kategori ringan. Anda dapat melakukan pencegahan segera agar terhindar dari permasalahan lebih lanjut. Namun, jika kerontokan terjadi cukup parah, seperti terdapat puluhan helai pada saat melakukan sekali penyisiran, Anda harus mendapatkan perawatan rambut secara khusus, sesegera mungkin.

MENGATASI KERONTOKAN

Jika Anda mengalami masalah ini tahap ringan, Anda dapat memulai beberapa perawatan mudah, seperti:
  • Hair Tonic
    Gunakan hair tonic secara rutin dan teratur setiap harinya. Hair tonic ini memiliki fungsi sebagai penyubur rambut. Sehingga sel-sel rambut rusak akan mendapatkan vitamin khusus sehingga dapat memperkuat jaringan sel, agar tidak mudah patah. Selain itu, dengan menggunakan hair tonic, sel-sel baru akan terbentuk untuk menghasilkan rambut-rambut baru (anak rambut)
  • Kopi
    Hindari meminum kafein secara berlebihan.
  • Shampoo
    Shampoo juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya permasalahan pada kulit kepala dan rambut. Pilihan shampoo yang tidak tepat, akan memperparah kondisi kerontokan. Gunakanlah shampoo perawatan mengandung ekstrak ginseng, agar bisa menjadikan rambut lebih kuat serta sehat alami.
  • Masker Rambut
    Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan beberapa produk alami masker rambut. Pastikan untuk memilih jenis produk berkandungan rempah-rempah alami, agar aman jika digunakan.
  • Makanan Sehat
    Pola makan tidak seimbang dapat menjadi salah satu faktor utama terjadinya kerontokan pada rambut. Pilihkan jenis makanan bergizi seperti sayuran hijau, buah segar, serta makanan mengandung nutrisi penuh setiap harinya.
  • Pemijatan
    Pemijatan kepala biasanya dilakukan untuk mengurangi tingkat stress pada otak. Stress berlebih juga bisa memicu permasalahan kerontokan. Pijatlah bagian kulit kepala Anda dengan lembut ketika Anda melakukan masker rambut, atau pada saat Anda keramas. Pemijatan bisa dilakukan sekitar 5 sampai 10 menit, sampai Anda dapat merasakan relaksasi dari pijitan pada bagian kepala Anda.

PENGOBATAN ALAMI ATAU HERBAL

Pengobatan alami seperti ekstrak tumbuhan dipercaya aman jika digunakan, karena biasanya tidak memiliki efek samping yang merugikan. Bahkan, dengan cara ini, Anda dapat melakukan perawatan tanpa harus khawatir terjadinya alergi jangka panjang atau jangka pendek.
  • Kacang hijau
    Rambut tipis dan rontok ternyata menggunakan kacang hijau sangat ampuh, dengan cara merebus segenggam kacang hijau yang telah dicuci bersih dengan segelas air, tunggu sampai mendidih dan air agak berwarna kehijauan, jangan sampai kacang hijau menjadi pecah. Setelah itu ambil airnya dan dinginkan. Sebelum mencuci rambut atau keramas ambillah air kacang hijau yang sudah dingin tadi dan diusapkan ke dasar  rambut atau kulit kepala, dipijat supaya merata dan meresap dan biarkan mengering. Setelah itu anda dapat mencucinya hingga bersih. Lakukan kembali saat anda hendak mencuci rambut.
  • Lidah buaya
    Banyak yang mempercayai bahwa ekstrak lidah buaya dapat membantu mengatasi kerontokan secara cepat dan alami. Kandungan didalamnya, bisa membantu mengembalikan tekstur sel-sel kulit rusak dan meremajakan sera membentuk sel-sel jaringan rambut menjadi lebih sehat. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda hanya mengambil potongan lidah buaya berukuran besar, dengan daging tebal. Belah potongan lidah buaya tadi menjadi dua bagian, kemudian ambil bagian dalamnya. Usapkan ke seluruh bagian kepala dari kulit, hingga ujung rambut secara merata. Diamkan selama 15 sampai 20 menit, sebelum Anda mencucinya hingga bersih.
  • Jeruk nipis
    Jeruk nipis bisa sangat mudah ditemui dimanapun, khususnya di pasar. Dengan beberapa buah jeruk nipis, Anda sudah bisa melakukan perawatan secara alami. Caranya sangat mudah, cukup iris buah jeruk nipis menjadi beberapa irisan, dan usapkan pada kulit kepala. Jika Anda memilki ketombe, cara ini juga efektif untuk menghilangkan ketombe secara cepat. Setelah diusap secara merata, diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas dan keramas hingga bersih.
  • Kuning telur
    Untuk mencegah rambut yang sudah rontok, ambillah sebutir telur fan pisahkan kuningnya. Kocong kuning telur dan usapkan ke kulit kepala sambil dipijit-pijit kemudian tutup dengan handuk kecil. Biarkan 30 menit dan cucilah dengan bersih. Lakukan seminggu sekali maka akar-akar rambut anda menjadi kuat.
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!